Mengenal Evaporator AC Mobil yang Sering Diabaikan Namun Berperan untuk Membuat AC Dingin

Di era saat ini banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan filter AC, Untuk mengatasi masuknya debu dan kotoran ke bagian evaporator. Namun, walaupun sudah dilengkapi dengan filter AC terkadang tidaklah maksimal untuk menjaga debu menempel pada evaporator, mengingat partikel debu dan kotoran yang sangat kecil yang memungkinkan debu dan kotoran sangat mudah masuk ke bagian evaporator.

FUNGSI EVAPORATOR AC MOBIL

• Adapun Fungsi Evaporator AC Mobil antara lain:
• Mengubah freon yang bentuknya cair menjadi bentuk gas yang dingin
• Memberikan sirkulasi dingin di seluruh kabin mobil
• Memastikan apakah ac masih bekerja dengan baik atau tidak
Sebagai pemilik mobil, Anda diwajibkan untuk membersihkan bagian evaporator secara rutin. Agar dingin yang di inginkan dikabin selalu terjaga yang akan menambah kenyamanan saat mengendarainya.

CARA MEMERSIHKAN EVAPORATOR AC MOBIL

Untuk membersihkan evaporator AC mobil dengan menggunakan cairan pembersih, yang bisa dilakukan sendiri jika anda pernah mengambil kursus AC mobil dengan bantuan alat pembersih adalah sebagai berikut

1. BUKA FILTER AC MOBIL ANDA

Langkah pertama matikan mobil anda terlebih dahulu. Kemudian cari lokasi lubang hisap udara AC yang terdapat filter udara didalamnya. Jika AC mobil masih bawaan pabrik, maka berpedomanlah pada manual book. Filter AC mobil ini biasanya terletak di sekitar atau atau biasanya di belakang glove box. Perhatikan langkah membuka filter yang ada di manual book agar tidak merusak komponen AC lainnya. Setelah filter terlepas perhatikan apakah filter masih bersih jika didapati kotor segeralah diganti.

2. PERSIAPAN NYALAKAN MOBIL DAN SETTING AC MOBIL

Posisikan spray hingga siap untuk menyemprot ke bagian blower AC blower, kemudian nyalakan mesin mobil anda. Kemudian nyalakan AC dan setting dengan suhu paling dingin disertai seting udara atau tiupan blower paling kencang, jangan lupa jika mobil anda double blower, nyalakan juga dengan setting yang sama, pastikan kisi-kisi AC mobil anda terbuka semua serta candela mobil anda dengan posisi terbuka juga.

3. SEMPROTKAN CAIRAN PEMBERSIH EVAPORATOR

Setelah semua siap dan pastikan selang semprotan sprayer sudah tepat mengarah ke blower, maka semprotkan cairan pembersih secukupnya. Biarkan cairan sampai keluar lewat kisi-kisi AC yang berbentuk Foam, diamkan selama 10-15 menit setelah waktu tersebut anda dapat membersihkan air yang keluar melalui kisi-kisi AC dari ventilator setelah itu matikan mesin.

Jika AC anda dalam kondisi normal, hanya kotor saja dan tidak mengalami kerusakan, maka AC akan terasa lebih dingin setelah dilakukan seperti tutorial diatas. Karena kotoran-kotoran yang menyumbat akan keluar bersama tetesan air yang terbuang dari pipa AC di bawah mobil anda. Akan tetapi jika sudah mengalami kotor yang sangat fatal, saat di di bongkar didapati kotoran dengan di tandai terdapat oli yang mengental dan menghitam, anda harus membongkar evaporator dan di bersihkan dengan baik agar jalur freon tidak terhambat.

Itu tadi pengenalan dan juga cara membersihkan evaporator mobil agar selalu dingin dan sejuk. Semoga bermanfaat 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *