5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

Sejak dahulu kala, banyak sekali kisah persahabatan yang menjadi inspirasi dari beragam cerita yang dituangkan ke dalam cerpen, novel, atau film. Kamu pasti mau dong ceritamu dengan sahabat-sahabatmu bisa semenarik kisah-kisah di cerpen, novel, atau film. Misalnya dari hal-hal remeh dan spontan, ketika kamu mau cari penerbangan Jakarta Lombok pesawat yang kamu incar malah penuh semua, jadilah akhirnya enggak jadi kemana-mana. Kalau yang barusan itu enggak ada yang seru dong ya?

5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng
Namun, intinya, ketika kamu sudah punya beberapa sahabat yang bisa kamu andalkan di kala duka dan selalu ada di kala suka, ada baiknya bila kamu simak beberapa tips di bawah ini. Dengan menyimak dan mempraktikkan 5 tips di bawah ini, niscaya persahabatan kamu dengan geng sahabatmu akan langgeng.

1. Iri dan Dengki Harus Sirna

Mungkin kamu pernah merasa iri dan dengki dengan pencapaian seseorang. Entah itu para sejawat di sekolah, kampus, atau kantor, kamu bisa mendadak dengki dan hilang selera makan apabila ada yang sombong dengan pencapaian yang positif. Namun, harus kamu ingat bahwa enggak boleh merasa iri dan dengki kepada para sahabatmu yang berhasil sukses dalam bidang apa pun. Anggap saja kesuksesan sahabatmu adalah kesuksesan dirimu juga maka iri dan dengki dalam hati akan segera sirna.

2. Sering Berjumpa

Seiring jalannya waktu maka usia kamu akan bertambah, prioritas kamu dan sahabat-sahabatmu juga akan berubah. Jika kamu punya sahabat dari SMA, ketika kuliah akan semakin sedikit kesempatan bermain bersama mereka. Teman-teman kuliahmu pun akan semakin jarang kamu temui di kala kamu sudah bekerja. Ketika kamu sudah berkeluarga maka akan sedikit waktu yang bisa kamu pakai untuk bertemu sahabat-sahabatmu. Meskipun waktu yang tersedia sedikit, baiknya kamu manfaatkan dengan baik ketika ada kesempatan bertemu dengan sahabat-sahabat.

3. Kejujuran dan Kepercayaan Adalah Kunci

Jujur satu sama lain dengan sahabatmu adalah kunci dari langgengnya hubungan persahabatan. Jika memang ada salah satu temanmu yang “bermuka dua” dan tidak bisa dipercaya, sudah pasti dia akan tersisih dan tereliminasi dari daftar sahabatmu. Begitu pula kamu, jangan sampai kamu dieliminasi dari daftar teman atau sahabat orang lain karena kamu tidak bisa jujur dan menjaga kepercayaan sahabatmu. Dalam persahabatan, ada banyak rahasia dan yang harus kamu jaga, jika memang kamu dan sahabatmu kompeten dalam menjaga rahasia, dijamin persahabatan akan lestari.

4. Sahabat adalah Pendukung Fanatik

Ketika kehidupan naik turun, yang dibutuhkan adalah dukungan,terutama dari keluarga dan sahabat. Hidupmu akan lebih mudah ketika saling mendukung, memberikan pertolongan ketika susah dan ikut merayakan ketika senang. Benar atau salah urusan belakangan, tapi sahabat harus kamu dukung. Sebenarnya yang barusan itu tidak terlalu baik, tetapi demi persahabatan kamu harus rela menjadi yang salah.

5. Tidak Ada Kompetisi dengan Sahabat

Setiap orang pasti ingin lebih unggul dari orang lain, tetapi jangan lakukan ini pada sahabatmu. Persaingan hanya akan membuat persahabatan jadi buruk, karena ada rasa saling ingin megalahkan dan dikalahkan. Kalian boleh bertengkar tentang suatu hal, tetapi pastikan kapan harus kembali akur lagi.
Oke, mudah-mudahan tips di atas bisa membantu kamu membuat persahabatan jadi langgeng. Yang harus diingat adalah setiap pelayaran pasti ada badainya, tetapi pelaut yang hebat adalah yang mampu menerjang badai dan pulang dengan selamat. Begitu juga dengan persahabatan, pasti ada suka dukanya, tetapi sahabat yang sudah melalui suka dan duka bersama akan bisa menemanimu selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *