Tanpa Kulkas Ternyata Buah dan Sayuran Bisa Segar Lebih Lama

Mengonsumsi ataupun mengolah sayuran dan buahan segar tentu akan menambah cita rasa tersendiri daripada Anda mengolah atau memasak sayuran yang telah layu. Ternyata kelembapan sangat mempengaruhi daya simpan buah dan sayuran supaya tahan lebih usang selain pemilihan buah dan sayur yang baik, faktor lain ternyata juga mempengaruhi seperti cara penyimpanan buah dan sayur tetap segar walaupun disimpan tidak di dalam kulkas. Berikut trik untuk menyimpan buah dan sayuran, bahkan tanpa lemari pendingin atau kulkas sekalipun masih bisa Anda lakukan!

Tanpa Kulkas Ternyata Buah dan Sayuran Bisa Segar Lebih Lama

Simpan pada suhu ruangan rendah

Tahukah Anda bahwa memang ada buah dan sayur yang tidak sanggup disimpan di dalam kulkas. seperti sayuran Paprika, timun dan tomat harus disimpan dalam suhu ruangan yang rendah. Paprika contohnya sanggup kehilangan tekstur kenyal jikalau disimpan dalam kulkas. Sementara mentimun dan tomat berubah berlendir. Pisang juga akan cepat mengalami perubahan pada kulitnya berwarna hitam jikalau masuk ke dalam kulkas. Khusus untuk pisang, bungkus batang atau bonggol pisang dengan plastik supaya tetap segar.

Pilih buah dan sayuran yang segar agar tahan lama jikalau disimpan

Ya menentukan buah dan sayur yang baik akan mempengaruhi daya simpan. Pilih buah dan sayuran dalam kondisi baik. Buah dan sayur dalam kondisi terbuka, lecet akan memudahkan basil maupun jamur tumbuh dan tentunya gampang merubah sayuran dan buah menjadi lebih cepat busuk.

Buah dan sayur baik di tempat kering

Selain sirkulasi udara yang baik ternyata tempat yang kering juga akan menambah daya simpan sayur dan buah. Kelembaban sanggup mempercepat penyebaran jamur. Letakkan handuk kertas atau kain di dalam boks atau penyimpanan buah dan sayur. Kain atau kertas tisu tebal (paper towel) akan menyerap kelebihan kelembapan dan memperlambat buah dan sayur cepat membusuk.

Hindari mencuci buah dan sayur jika ingin disimpan

Ini seringkali hal yang salah yang sering dilakukan. Sebaiknya jangan mencuci buah dan sayur dikala sayur dan buahan tersebut belum akan dikonsumsi dengan mencuci buah dan sayur maka buah dan sayuran tersebut menjadi cepet layu. Jika buah dan sayuran yang terlihat kotor cukup dilap dengan kain atau tisu. Mencuci buah bisa bias mengurangi proteksi alami dari buah dan sayur. Hal ini meningkatkan risiko jamur dan anyir pada buah dan sayur.

Sayuran dan buah baik disimpan dalam kawasan yang udaranya bersirkulasi

Ternyata, sirkulasi udara sangat penting dalam menyimpan buah dan sayur. hal ini berperan penting terhadap kelembapan dan suhu. Tempat yang pengap tanpa sirkulasi udara akan memudahkan buah dan sayur gampang busuk. Sayuran khususnya akan lebih tahan lama dan segar jikalau mereka di dalam kotak kayu atau plastik dengan ventilasi udara. Apa pun tempatnya, Anda perlu memperlihatkan ruang supaya ada celah untuk keluar masuk udara untuk mencegah pembusukan.

Tanpa kulkas ternyata buah dan sayuran bisa segar lebih lama bahkan kesegaran nya bisa terjaga dengan utuh asal Anda rajin untuk kenjaga nya jangan sampai terlai-lai kan langkah-langkah di atas tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *